Monday, July 19, 2010

[STUDY] Korean Language I

Bahasa Korea

Bahasa Korea adalah salah satu bahasa terpenting di dunia. Saat inibahasa ini digunakan oleh kira-kira 45 juta orang di Korea Selatan dan 25 juta orang di Korea Utara. Kira-kira 6 juta orang Korea tinggal di negara-negara seperti China, Amerika, Jepang, dan pecahan Uni Soviet.

Secara sistemati, bahasa Korea termasuk rumpun bahasa Altaik, yaitu bahasa-bahasa seperti Mongol, Manchu, Jepang, dsb. Rumpun bahasa Altaik menggunakan sistem pola kalimat dengan predikat dietakkan di akhir kalimat.

Di Korea Selatan, bahasa modern yang dipakai oleh para budayawan yang tinggal di Seoul dianggap sebagai bahasa baku. Setelah PD II, Korea Selatan dan Korea Utara terpisah hingga saat ini. Bahasa yang digunakan di Korea Utara dan Korea Selatan sedikit berbeda, tetapi hal ini tidak menghalangi komunikasi.

Sejarah Bahasa Korea
Bahasa Korea diciptakan oleh Raga Sejeong, raja keempat dari Dinasti Chosun.
Sebelum diciptakannya Hangeul, masyarakat Korea menggunakan huruf China (Hanja) untuk menulis. Akan tetapi Hanja tidak sesuai dengan struktur dan karakteristik khusus dari bahasa Korea. Hal ini membuat penggunaannya sulit dipelajari oleh masyarakat Korea, terutama golongan bawah. Dengan alas an itulah, Raja Sejeong menciptakan Hangeul.

Pada awalnya huruf Hangeul teridri dari 28 huruf, 11 vokal dan 17 konsonan. Saat ini, huruf Hangeul terdiri dari 10 vokal dan 14 konsonan.


Huruf vokal

Huruf Konsonan

p.s :feel free to ask! klo bisa, ntar saia jawab. atau saia tanya ke seonsaengnim saia...
met belajar...

No comments:

Post a Comment