Tuesday, March 13, 2012

Job Fair 2

Ok, ini tulisan selanjutnya. Job Fair 2 ini gw mau cerita soal tes yang gw ikutin di Maranatha Career Days 2012. catatan ya, yang gw ikutin doang. sisanya ga tau :p


1. Astra Honda Motor

sumber : sumbercara.co.cc

Ini perusahaan pertama yang gw ikutin tesnya. psikotes pertama, kita di kasih soal yang kayak gini ni :
a > b < c a > c v(benar) x(salah) ?(tidak terdefinisi)
di kertas soal ada petunjuknya dan sekitar 3 contoh soal. untuk tesnya, ada sekitar 20-an seoal begitu yang harus kita kerjakan dengan batas waktu sekitar 10-15 menit.

psikotes yang kedua ... maaf gw lupa >.<

psikotes yang ketiga kita di kasih 3 kotak yang di dalamnya ada gambar dengan pola tertentu. nah, di kotak yang ke-4 harus kita isi dengan gambar yang tepat. untuk psikotes ini lo harus jeli ngeliat polanya. ada pilihannya sih, jadi kalo mentok masih bisa teba-tebak buah manggis :p. oh iya, ngerjain tes ini juga pake batas waktu, cuma batas waktu nya ga tergantung kapan kita harus balik kertas. jadi klo kita uda beres ngerjain soal di halaman 1, bisa langsung balik ke halaman 2 tanpa nunggu perintah.

psikotes yang keempat kita di kasih gambar lagi. segitiga, lingkaran, persegi, ama beberapa simbol. kemudian ada juga simbol perintah, untuk apakah gambarnya perlu kita putar 180 derajat, putar ke kanan, putar ke kiri dan sebagainya. sama kayak psikotes ketiga, ada pilihan jawaban dan batas waktu.

nah, sekarang gw lupa ada berapa psikotes yang gw jalananin. klo ga salah ada 5 atau 6 /shrug. yang jelas, psikotes terakhir adalah paulli atau lebih dikenal dengan hitungan koran.

di tes ini, lo harus perhatiin perintahnya. apakah di suruh ngitung dari atas ke bawah kemudian beri garis ketika di perintahkan atau hitung dari atas ke bawah dengan langsung pindah ke kolom hitungan selanjutnya ketika ada perintah 'pindah'. versi lain, ada namanya tapi gw lupa, adalah mengitung dari bawah ke atas dengan pilihan perintah yang sama.

beres deh psikotes tahap ini. klo di tes ini, kita nunggu ampe jam 12 untuk pengumuman siapa yang lolos dan bisa ikut untu tes selanjutnya. alhamdulillah, gw lolos dan masuk ke psikotes tahap II.

di psikotes ini, gw di kasih Formulir Lamaran Kerja, 2 kertas HVS kosong dan 2 lembar kertas psikotes +buku.

Formulir Lamaran Kerja (FKL), sesuai namanya ini kertas kayak formulis pada umumnya, ada data yang harus kita isi. FKL yang gw dapat ada 8 halaman. Selain data standar kayak nama lengkap, ttl, alamat and that other jazz, gw juga harus ngisi tentang posisi yang gw mau, gaji yang gw pengin, pengalaman organisasi, penyakit dan halaman terakhir gw disuruh menceritakan tentang diri gw.
tes pertama yang harus gw ikutin di psikotes tahap II ini adalah melanjutkan gambar. jadi di salah satu kertas psikotes yang di kasih itu, ada 8 kotak yang di dalamnya ada bagian gambar yang harus kita lanjutkan. klo gw ga salah ingat, di kotak pertama di kasih bentu titik tebal, di kotak ketiga ada dua garis tebal yang letaknya berjarak, di kotak kedelapan ada garis melengkung. trus, setelah kita ngelajutin gambar dari bentuk2 itu, kita diminta ngasih nomor untuk urutan gambar yang pertama kita buat, beri tanda (+) untuk gambar yang paling lo suka, tanda (-) untuk gambar yang kurang lo suka, M untuk gambar yang menurut lo paling gampang di buat dan S untu yang paling sulit. [klo penasaran, yang gw gambar adalah ikan, bus, tumpukan CD TVXQ gw di rumah, payung, apel, papan catur dan 2 lagi gw lupa].

tes kedua berhubungan ama 2 kertas HVS kosong yang dibagikan. di kertas HVS pertama lo disuruh gambar pohon, terserah gambar apa, trus kemudian tulis di bawah gambar apa nama pohon itu [fyi, gw gambar pohon kelapa]. HVS yang kedua, lo disuruh gambar manusia, bukan tokoh khayalan amcem Pokemon. kemudian, lo tulis itu gambarnya ce apa co, usinya berapa dan apa kelebihan dan kekurangan dari gambar tersebut [gw gambar cewek yang mukanya, lailah banget =))].

tes ketiga gw disuruh memilih dari 2 pernyataan yang ada di buku psikotes. contoh :
1. saya adalah orang yang pekerja keras saya dapat berkomunikasi dengan baik
nah, tugas lo adalah memilih mana dari pernyataan di atas yang paling mendekati diri lo. meskipun ga ada yang sesuai dengan lo sama sekali, lo tetap harus memilih. dari yang gw tangkep, pernyataannya itu-itu aja. cuma, teman pernyataannya yang diganti.

beressss. itu dia tes yang gw jalanin untuk Astra Honda Motor. plus wawancara sih sebenarnya, tapi itu uda gw ceritain. dan baru kemaren gw di sms dari pihak AHM yang menyatakan bahwa gw ... ga lulus. ga papa sih. lagian ini cuma nyoba doang.


2. PANIN BANK

sumber : bilaboong.com

Sebenarnya gw ga ngikut ini tes. Soalnya waktu gw lagi beres-beres pake baju buat berangkat ke Maranatha, gw dapet sms dari penguji klo gw harus seminar hari itu. jadi ya udah, batal deh. cuman beberapa hari kemudian gw di telp ama orang PANINnya, ditanyain gw masih mau nyoba ga di PANIN.
op : "selamat siang, saya dari PANIN BANK. dengan mbak Siti Karina?"
me :"iya"
op : "gini mbak, kemaren ada masukin lamaran ke PANIN BANK melalui Marantha Career Day, betul?"
me :"betul. tapi saya ga ikut tes karena ada halangan, mbak"
op : "oh iya ga papa. ini cuma mau nanya masih minat ga untuk ikut tes PANIN?"
me : "dimana, mbak?"
op : " di Jakarta"
me : "kapan?"
op : "minggu ini"
me :"wah, klo minggu ini saya ga bisa ke Jakarta, mbak. masih ada urusan kampus"
op :"oh, gitu. tapi klo di Bandung bisa?"
me : "bisa"
op :"klo gitu baiklah. nanti kalo ada tes di Bandung, mbak Karina bisa kita panggil?"
me :"bisa"
op :"ok, terima kasih (dan lalala lainnya)"

kesan gw ke PANIN BANK jadi positif :D


3. BCA

sumber : pointyshoes.wordpress.com

Tes disini, gw cuma disuruh kayak tes ketiga psikotes tahap II di AHM , ngerjain soal hitungan yang dasar (tapi perlu logika banget dan kejelian) plus ngisi FKL yang cuma 1 halaman. abis itu di wawancara lalala selama 5 menit abis itu beres.

dan gw ga lulus juga. hahahaha.


4. DJARUM

sumber : id.wikipedia.org

ini yang terkahir. setelah 'dikurung' hampir 2 jam untuk denger presentasi tentang DJARUM, jam 12 siang kita di kasih pengumuman siapa yang lolos untuk ikut psikotes. yap, benar sekali! yang pertama di seleksi adalah administrasi, surat lamaran, cv dan lainnya.

gw? ga lulus dong. hahahaha :p


saran gw klo ikutan psikotes:
  1. makan! karena ngerjain psikotes bikin laper.
  2. pake baju dan sepatu yang nyaman.
  3. ada yang bilang klo ngerjain psikotes lo harus tenang, tapi menurut gw itu tergantung. klo lo bisa kreatif dan berpikir saat lo tenang, maka buatlah diri lo untuk tenang. tapi klo lo justru baru bisa kreatif dan berpikir saat lo merasa tertekan dan deg-degan, maka buatlah diri lo seperti itu.
  4. doa! penting ini, man.


alllriiight, itu dia tulisan yang gw janjikan. kayaknya ntar gw tulis lagi tentang yang di UI. klo ada yang mau nanya, so' mangga dipersilahkan :)

semoga bisa membantu :)

2 comments:

  1. mksih bnyak mba. Sya jg mau tes ahm, Smga bntuk soal'y sama, biar ane udah ada prsiapan..

    ReplyDelete