Friday, March 16, 2012

Job Fair 3


sumber : http://cdc.ui.ac.id/

Tadaaaa! Akhirnya nyampe juga ke Job Fair 3. Mudahan ini yang terakhir. Di tulisan ini gw mau bahas tentang job fair yang kemaren gw datengin di UI dan beberapa saran klo datang ke job fair semacam yang di UI ini.

Job fair UI ini namanya UI CAREER & SCHOLARSHIP EXPO XIII 2012. Bertempat di Gedung Baliurang Universitas Indonesia dan berlangsung selama 3 hari, 8 - 10 Maret 2012. Ada lebih dari 30 perusahaan yang ikut di acara ini, beberapa di antaranya Pertamina, BCA, BRI, Freeport, Astra Group, Mandiri, Gramedia, Metro TV, Trans 7, XL, dan banyak lagi lainnya. Klo ga salah sih ada sekitar 35 lebih perusahaan. Trus ada beberapa universitas yang menawarkan beasiswa, yang paling gw ingat Prasetya Mulya. yang lainnya semacam Mambukagabusho, organisasi beasiswa punya Jepang. Bedanya, yang di sini kebanyakan organisasi Eropa. Nah, untuk ikut acara ini kita perlu antri di pintu masuk dan bayar entry fee IDR 30k. Tapi fee ini worth it karena banyaknya perusahaan yang berpartisipasi.

  • Pertamina. Yang pertama harus kamu miliki adalah TOEFL di atas 500. Jadi, klo nilai TOEFL kamu di bawah 500, udah aja ya, mundur perlahan sadar diri ga usah daftar :p
  • BCA. Kamu harus uda punya Surat Keterangan Lulus (SKL). Klo belum punya atau lagi nunggu sidang? Mari kita mundur, coba lagi klo uda punya SKL.
  • BRI. Nah, klo yang ini gw suka. Mereka memperbolehkan kita untuk ngelamar meskipun belum punya SKL. Di stand BRI, kita bisa ngambil Formulir Lamaran Kerja (FKL) dan kita isi dilengkapi dengan foto 3x4. Buat yang belum lulus atau masih nunggu sidang, ada bagian di formulir yang harus diisi kita uda semester berapa, IPK sampai saat ini, berapa SKS yang belum lulus dan berapa yang uda, jurusan dan universitas. Pengumuman untuk kelulusan bisa dilihat di situs BRI. Buat yang dinyatakan lulus administrasi, bisa mengikuti tes. Sayangnya gw ga lulus, jadi ga tau bentuk tes nya seperti.
  • Freeport. Untuk perusahaan yang berlokasi di Papua ini, posisi yang dicari adalah untuk mereka yang mendalami ilmu per-teknik-an dan kebanyakan cowok. Jadi buat kamu yang bukan anak teknik dan bukan pria, mari kita mundur. Tapi ga tau juga, mungkin next time mereka bakal buka untuk posisi lain dan mempersilahkan wanita.
  • Astra Group. Gw masukin kata 'group' karena yang buka lowongan adalah semua anak perusahaan Astra, Astra Internasional, Astra Honda Motor, Astra Auto 200, Astra Finance, dan Astra-Astra lainnya. Prosedurnya kita cuma ngasih Surat Lamaran + VC + Transkrip Nilai + SKL (klo punya) di box yang telah di sediakan. Awas ketuker, karena box untuk anak S1 beda dengan D3. Abis ngumpulan itu, tangan kita bakal di cap ama petugas sebagai tanda telah berpatisipasi hari itu. Tambahan, 1 hari kita hanya boleh ngumpulin satu Surat Lamaran dkk untuk 1 perusahaan, klo mau daftar lagi bisa dateng besokannya. Yang artinya harus bayar lagi 30 ribu di pintu masuk. Klo kita lulus seleksi adm, besokannya kita bakal ngikutin tes. Mungkin kayak yang gw ikutin di AHM waktu Maranatha Career Day 2012 kali ya. Gw sih daftar lagi, tapi di Astra Internasional karena cuma disitu ada posisi yang gw penginin. Sayangnya, gw ga lulus.
  • Mandiri. Sama kayak BCA, kamu harus uda punya SKL.
  • Trans 7. Tinggal liat di pamflet posisi apa yang kamu penginin, trus tinggal ngasih Surat Lamaran ke mbak yang jaga stand. Di sudut kanan atas SKL kamu harus nulis posisi yang kamu pengin dan boleh lebih dari satu. Tadinya gw pengin daftar bagian creative, tapi posisi itu cuma boleh buat yang lulusan Juranlistik atau Broadcasting. Sedih ;~;
  • XL. Stand XL ini letaknya paling dekat ama pintu masuk. Jadi kamu akan langsung ngeliat stand mereka. Kamu ga perlu bawa Surat Lamaran bentuk hardcopy karena mereka memperbolehkan kamu untuk ngasih dalam bentuk softcopy. Tapi kalaupun kamu ga bawa, tetep ga masalah. Karena cukup bisa menuliskan data di laptop mereka. ada 3 bagian yang ditawarkan, Apprentice, Reguler dan Khasanah. Apprentice itu program magang 9 bulan untuk yang masih mahasiswa dan di gaji. Khasanah itu beasiswa S2 ke Malaysia. Reguler untuk mereka yang ingin bekerja di XL, tapi posisinya ga jelas. Karena mereka akan menyaring kita semua dan ketika kita lulus, mereka lah yang menentukan kita ada di mana, tergantung kebutuhan perusahaan. Gw ga ikutan daftar karena belum punya SKL :(
Alllrightt, itu dia tentang UI CAREER & SCHOLARSHIP EXPO XIII 2012. Sekarang gw mau ngasih saran gimana cara 'assik' datang ke job fair yang kayak di UI.
  1. Pastikan pake sepatu yang asyik dan nyaman. Karena kamu bakal banyak berdiri untuk dengar penjelasan dari 'SPG' perusahaan dan bakal banyak jalan untuk ngeliat tiap stand. Klo yang dari gw liat kemaren, sah aja sih pake sneakers, tapi buat lebih formal mending pake sepatu formal. Buat yang cewek, klo ngerasa sanggup buat jalan dan berdiri lama dengan heels atau wedges, ya so' aja sih. Tapi klo ga yakin, mending pake flat shoes aja. Buat yang cowok kayaknya ga ada perbedaan yang terlalu mencolok antara pantofel dan sneakers.
  2. Pake baju yang nyaman. Klo berada di kota yang panas semacam Jakarta, jangan nekat pake warna item. Gerah banget! Dan jangan pake yang ketat, karena efeknya sama kayak baju item. Kemaren sih, sah-sah aja pake jeans, tapi lebih bagus pake celana bahan aja (celana goyang klo kata gw =))) atau rok bahan.
  3. Pastikan perut kamu juga dalam keadaan nyaman. Maksudnya ga terlalu kenyang, ga kepalaran ataupun ga mual. Klo lagi dapet jangan lupa minum painkiller dulu ya.
  4. Siapkan Surat Lamaran dkk yang banyak! Dan pastikan uda dalam keadaan rapi. Keadaan rapi yang dimaksud adalah Surat Lamaran + CV + Pas Photo + Transkip Nilai + SKL + Fotocopy KTP uda disteples. Jangan di clip karena takutnya gampang lepas.
  5. Bawa tas yang kecil aja + folder untuk Surat Lamaran dkk. Karena kita bakal berpapasan dengan banyak orang dan tas besar akan mengganggu. Lagian tas kecil lebih gambpang jaganya. Bawa barang yang perlu aja. Alat tulis lengkap (in case disuruh langsung tes), minum dalam ukuran kecil dan mukena. Klo saran gw, pulpen lebih mending di taro di saku aja, jadi klo perlu nulis sesuatu gampang diambli ga ribet buka tas. Saran tentang alat tulis yang dibawa > Pulpen hitam, pensil HB/2B 2 buah, rautan, penghapus, lem (untuk nempel photo) dan steples. Tipe x kayaknya ga terlalu perlu, tapi klo mau bisa dibawa.
  6. Klo kamu dari luar kota (kayak gw, dari Bandung ke Jakarta) pastikan dengan jelas tentang jadwal pendaftaran dan tes. Kayak Astra, kamu daftar hari ini malemnya lagsung pengumuman dan tes di keesokan hari. Saran gw, minimal kamu nginep ampe acara selesai. Atau minimal ampe ada kejelasan pengumuman. Kan sayang ongkos dan waktu klo kamu pulang ke kota asal, eh taunya dapet rezeki lulus dan harus dateng besoknya lagi.
  7. Berkaitan dengan yang nomor 6, jangan lupa bawa baju ganti yang nyaman dan penginapan yang dekat (atau rumah temen/keluarga yang bisa ditebengin). Dan uang yang lebih. Buat jaga-jaga aja sih.
  8. Masih berkaitan dengan nomor 6, klo kamu orang yang gampang cape' habis perjalanan, gw saranin dateng H-1. Gw kemaren nekat dateng jam 5 dari Bandung dan nyampe jam 11 di UI. Dan itu luar biasa capeknya. Bawa'annya jadi ngantuk, capek, laper dan emosi. Makanya gw ama Oka (temen gw) jadi tarik urat karena kecape'an itu. Tapi alhamdulillah setelah shalat dzuhur dan makan siang, jadi lebih mendingan.
  9. Terakhir, jangan lupa berdoa dan minta izin orang tua. Karena restu orang tua adalah restu Sang Pencipta.
Happy job fair!

No comments:

Post a Comment