Wednesday, April 14, 2010

KIMCHI

yap! ini kimchi yang makanan Korea itu. Klo tau drama FULL HOUSE (pasti taulah!) pasti tau makanan ini. Itu lho, yang sering di makan ama Ji Eun nya, yang warna merah dan penuh dengan sayuran. Lebih lengkapnya...


gambarnya dari sini

Kimchi adalah makanan tradisional Korea , salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digaramai dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabe merah (ensiklopedia bebas Wikipedia).


yang pengin nyobain bikin, ini dia resepnya:

Bahan-bahan :
3 ikat sawi putih, biarkan utuh
3 genggam garam
3 sdm gula
6 sdm bubuk cabai
1 jari jahe, parut halus
2 siung bawang putih, haluskan
1 ikat selada air
1 ikat daun bawang, iris kasar
1 buah radis, iris
3 sdm saus ika

resepnya saia dapat disini

Cara Membuat :

1. Cuci bersih sawi. Kalo agak parno ada ulat, sawinya dipisahin jadi perlembar aja. Trus nyucinya dibawah air mengalir ya. Kalo udah bersih, rendam sawi dengan air matang yang udah dilarutkan dengan garam selama kurang lebih 6 jam.
2. Setelah 6 jam, cuci lagi sawi sampai garam-garam yang mungkin menempel di daunnya gak ada lagi. Kalo merasa swainya pnjang, bisa dipotong menjadi 2 atau 3 bagian. jangan lupa bagian ujungnya di buang.
3. Trus campurin deh semua bahan-bahan yang udah disiapin. Aduk sampai bubuk cabe merah, bawang putih, jahe, garam dan kecap ikannya merata dengan sayuran. Simpan selama kurang lebih 2x24 jam. Katanya siy, makin lama di simpan makin bagus.
4. Kimchi siap disajikan! :D

foto-foto waktu saia bikin Kimchi :




ini dia bahan-bahannya (minus sawi yang sedang di rendam).
bubuk cabe ya bisa di beli di tempat yan gngejual bumbu-bumbu India.
jadi merahnya bagus.









ini waktu sawinya lagi di rendam air garam.
j
angan berani-berani nyicipin airnya, asin gila!










ini adonan yang udah di campur.
jangan lupa make sarung tangan plastik waktu ngaduknya.
kalo gak bisa kejadian kayak saia, sisa hari abis bikin kimchi saia habiskan dengan niup-niup tangan saia yang kepanasan (efek bubu cabe merah).









taraaa!!!!
ini dia kimchi yang udah jadi.
aroma bawangnya berasa banget.






rasanya? RASA BANGSAT!!! wkwkwkw...
gak tau siy, emang rasanya yang begitu atau saia emang gak suka ama rasanya. agak pedes-pedes asam gak jelas. Pokoknya gak sesuai di lidah saia.

kemaren saia nyoba bikin lagi, berharap rasanya lebih mending. tapi ternyata tetap gak. huhu. mungkin saia harus mencoba Kimchi "asli" yang ada di restoran Korea dulu baru bikin lagi.

ok deh!
selamat mencoba buat kalian. ntar klo udah jadi, bagi-bagi ceritanya ke saia ya..
^^v

p.s: kecap ikan itu belinya per botol jadinya sisanya pasti masih banyak. kata nyokap saia, kecap ika itu enak untuk jadi bumbu tambahan klo masak tumisan.

No comments:

Post a Comment